Pemilih Lihat Prabowo Figur Tegas, Jokowi Diasosiasikan Gubernur DKI

Pemilih Lihat Prabowo Figur Tegas, Jokowi Diasosiasikan Gubernur DKI
Jokowi Vs Prabowo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Survei Indobarometer menunjukkan asosiasi pemilih terhadap calon presiden dan wakil presiden yang bertarung pada Pilpres 2014.

Dari hasil survei terlihat Calon Presiden Joko Widodo diasosiakan pemilih sebagai Gubernur DKI Jakarta sebanyak 26, 1 persen. Kemudian perhatian dengan rakyat 19,2 persen serta calon presiden 11,2 persen.

"Jokowi, sebagai Gubernur DKI bisa positif dan negatif. Gubernur DKI harus diisi dengan hal positif, " kata Direktur Eksekutif M. Qodari  dalam diskusi 'The Final Round: Siapakah Pemenang Pilpres 9 Juli 2014' di Hotel Harris, Jakarta, Minggu (29/6/2014).

Sedangkan pasangan Jokowi, Jusuf Kalla diasosiasikan pemilih sebagai mantan wakil presiden dengan 31,5 persen, pengusaha sukses 10,3 persen dan calon wakil presiden 9,7 persen.

Kemudian Prabowo Subianto terlihat diasosiasikan sebagai figur yang tegas dengan 27 persen, dari unsur militer 25,1 persen dan calon presiden 12,4 persen.

"Kalau Prabowo kontennya kuat, tegas dari sifat dan karakternya," tuturnya. Sementara Hatta Rajasa diasosiasikan pemilih sebagai menteri ekonomi 24,7 persen, orang partai 13,5 persen dan calon wakil presiden 11,2 persen.

"Hal ini menarik bila dikaitkan dengan iklan-iklan kampanye yang ditayangkan oleh timses masing-masing," imbuhnya.

Diketahui, waktu pengumpulan data pada tanggal 16-22 Juni 2014. Survei dilaksanakan di 33 provinsi di seluruh Indonesia dengan jumlah responden sebesar 1200 orang dengan margin off error sebesar 3,0 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden dipilih multistage random sampling untuk menghasilkan responden yang mewakili populasi publik dewasa Indonesia. Pengumpulan data dengan wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuisioner.



June 29, 2014 at 02:41PM

Leave a Reply