Yuk, Belanja sekaligus Menimba Ilmu Kewirausahaan di Jakarta Great Sale

Laporan Arif Wicaksono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-  Festival Jakarta Great Sale (FJGS) kembali digelar untuk menyambut perayaan Hari Ulang Tahun Ke-487 Kota Jakarta. FJGS 2014 yang melibatkan lebih kurang 75 pusat perbelanjaan (mall) di seluruh Jakarta ini dihadirkan selama 1,5 bulan mulai 7 Juni sampai 19 Juli 2014.

BRI bersama mitra binaan UMKMnya ikut memanfaatkan ajang tersebut untuk memperkenalkan berbagai produk kreatif kepada masyarakat melalui pusat-pusat perbelanjaan dan mall.

"Disamping ikut menyemarakkan ulang tahun Jakarta ke-487, bagi BRI momen Jakarta Great Sale sangat strategis karena bisa dimanfatkan untuk membantu UMKM binaan untuk melakukan promo produk sekaligus meningkatkan penjualan". Kata Budi Satria, Corporate Secretary BRI dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (29/6/2014).

Menurut Budi, peran BRI terhadap pengembangan UMKM tidak hanya dengan pemberian fasilitas pinjaman saja, melainkan juga sebagai financial advisor serta memberikan pelatihan dan pembinaan kepada UMKM.

 "Dan momen Jakarta Great Sale ini salah satu sarana kami untuk turut mempromosikan produk - produk UMKM dari mitra - mitra binaan kami yang bertajuk `Teras BRI Nusantara'," lanjut Budi.

Ada yang unik dari Teras BRI Nusantara yang dilakukan BRI dalam Jakarta Great Sale tahun ini. Selain pameran, di beberapa Mall yang mempunyai ketersediaan space luas, BRI juga menghadirkan open stage yang di isi dengan talkshow kewirausaahaan.

"Kami sengaja menghadirkan stage di beberapa Mall untuk memberikan benefit lebih kepada pengunjung, di mana selain belanja mereka juga bisa mendapatkan ilmu entrepreneurship," papar Budi.

Tema yang diambil untuk Talkshow seperti yang dilaksanakan pada hari Sabtu (28/6) di FX Lifestyle X'center lt 3, di Sudirman, Jakarta Selatan ini adalah `UMKM go Online' serta menghadirkan 2 (dua) narasumber yaitu Heri Ardin, CEO Brilliant Digital Communication dan Piyu, musisi yang juga berbisnis clothing dengan merk Nushock.

Selain pemaparan mengenai trik - trik tentang cara meningkatkan penjualan, Talkshow ini juga dimeriahkan dengan fashion show dan live music.

Menurut Budi, tema `UMKM go Online' dipilih karena melihat bahwa teknologi informasi yang semakin pesat namun pemanfaatan teknologi ini oleh UMKM di tanah air masih belum maksimal.

Dengan mengambil materi yang lebih spesifik seperti `Mengoptimalkan Fungsi Google Adwords' yang dibawakan narasumber Heri Ardin, Budi Satria berharap pengunjung yang notabene adalah UMKM di Jabodetabek bisa scara spesifik pula mengimplementasikannya kepada produk-produk yang dimiliki.

"Harapan kami event seperti ini bisa merangsang UMKM untuk lebih kreatif dalam menjual dan semakin maksimal memanfaatkan teknologi informasi yang ada," ujarnya.



June 29, 2014 at 11:40AM

Leave a Reply