Liga Primer akan pakai vanishing pray

Liga Primer mulai musim mendatang akan menggunakan vasnishing spray atau semprotan sementara, yang sukses membantu kerja wasit selama Piala Dunia 2014 di Brasil.

"Di Liga Primer kami terbuka dengan penerapan hal-hal baru yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas kompetisi," kata Richard Scudamore, direktur Liga Primer, hari Rabu (30/07).

"Jelas bahwa selama Piala Dunia 2014 vasnishing spray sangat bermanfaat bagi wasit, pemain, dan mereka yang menonton pertandingan," tambah Scudamore.

Semprotan busa putih yang juga biasa disebut magic spray ini akan dipakai saat dilakukan tendangan bebas, untuk menandai posisi bola dan posisi pemain-pemain lawan, agar mereka tidak berdiri terlalu dekat dengan bola.

Ketika dipakai di Piala Dunia lalu, semprotan ini terbukti bisa memperlancar jalannya pertandingan.

Disebut vasnishing karena busa yang disemprotkan hanya bertahan sekitar satu menit dan setelah itu menghilang.

Pemakaian semprotan sementara diusulkan oleh Mike Riley pejabat yang membawahi wasit dan ofisial pertandingan di Inggris.

"Saya melihat sendiri bagaimana pertandingan diuntungkan dengan pemakaian semprotan ini," kata Riley yang lama berkarier sebagai wasit ini.

Liga Primer akan menggunakan semprotan produksi 9.15 Fair Play Limit yang juga memasok produk yang sama untuk Piala Dunia di Brasil.

Selain Liga Primer, Liga Champions dan Liga Europa juga akan memakai semprotan ini.



July 31, 2014 at 04:00AM

Leave a Reply