Makin Banyak Wanita Lansia Hidup di Jalanan Canberra

Menurut laporan terbaru semakin banyak wanita lanjut usia yang tidak memiliki rumah dan harus hidup di jalanan di ibukota Australia, Canberra.

Ini disebabkan karena secara umum, wanita mendapat penghasilan lebih rendah dari pria, sering kali juga pekerjaan mereka terputus karena harus melahirkan anak, dan ketika berpisah dari suami, situasi keuangan mereka lebih buruk.

Dan menurut sebuah badan bernama ACT Sheltter, karena jumlah rerata penduduk semakin menua di Australia, resiko para wanita lansia untuk tidak memiliki tempat tinggal semakin besar karena mereka tidak mampu membayar sewa.

ina_older women homeless

Para wanita lansia di Canberra semakin khawatir akan perumahan bagi mereka. (Photo: ABC)

ACT Shelter melakukan survei terhadap 76 wanita yang berusia di atas 45 tahun yang beresiko tidak memiliki tempat tinggal.

Dari mereka yang disurvei, 73 persen saat ini masih bekerja, dan 75 persen tamatan perguruan tinggi, namun masih merasa khawatir akan situasi ekonomi mereka.

Kebanyakan diantara mereka memiliki jumlah tabungan untuk pensiun, yang dikenal sebagai super annuation yang sedikit  dan 34 persen diantara mereka mengatakan mereka tidak akan bisa pensiun karena penghasilan dari pensiun tidak akan mencukup pengeluaran mereka.

Laporan ini menyarankan agar pemerintah mengambil langkah lebih serius dan meningkatkan kesadaran akan masalah yang dihadapi para wanita lansia akan tempat tinggal.

ACT Shelter merekomendasikan kepada pemerintah negara bagian ACT untuk memberikan jasa pelayanan khusus perumahan bagi para wanita lanjut usia.



August 01, 2014 at 07:30AM

Leave a Reply