Niat Efisiensi, Kemenag Janji Turunkan Ongkos Naik Haji

Niat Efisiensi, Kemenag Janji Turunkan Ongkos Naik Haji
Kompas
Calon Jamaah Haji dalam rangka persiapan melakukan ibadah 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pihak Kementerian Agama (Kemenag) berjanji mengupayakan penurunan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun depan. Hal itu akan dilakukan jika mereka mampu melakukan penghematan operasional penyelenggaraan haji pada pada tahun ini.

Menurut Inspektur Jenderal Kemenag M Jasin, Kemenag tengah mengupayakan penghematan di sejumlah bidang. Antara lain adalah biaya sewa pemondokan atau hotel di Arab Saudi, dan biaya transportasi udara.

"Apabila jumlah efisiensi atau penghematan cukup signifikan, dapat digunakan penurunan BPIH tahun depan musim haji 1436 H," kata Jasin dihubungi wartawan, Rabu (30/7/2014).

Meski begitu, terang Jasin, perhitungan BPIH juga tergantung pada pergerakan nilai tukar atau kurs rupiah terhadap dollar Amerika. Sebab penetapan BPIH, menurutnya harus melalui proses dan kajian yang panjang bersama DPR.

"Jadi bukan seperti membalikkan telapak tangan. Jadi sekali lagi, kalau tahun ini efisiensi cukup sinifikan, Insya Allah akan berpengaruh ke penurunan BPIH," ujarnya.



July 31, 2014 at 12:34AM

Leave a Reply