Karya seni 'tempat tidur berantakan' terjual Rp44 miliar

Karya seni modern berupa 'tempat tidur berantakan' berjudul My Bed karya seniman kontroversial Inggris, Tracey Emin telah terjual seharga £ 2,2 juta atau Rp44,9 miliar di rumah lelang Christie, London.

Dikerjakan pada 1998 lalu, Tracey menampilkan tempat tidur yang belum dirapikan, sejumlah botol minuman kosong, boneka, sepasang sepatu, kondom dan puntung rokok yang berserakan di lantainya.

Karya seni kontemporer yang memenangkan penghargaan Turner 1999 ini dijual oleh pemiliknya yaitu seorang kolektor seni, Charles Saatchi, yang membelinya senilai £150,000 sekitar empat belas tahun silam.

Ubah persepsi seni

Pada tahun itu juga, museum seni rupa Tate Gallery di London kemudian memamerkan karya Tracey Emin ini.

My Bed, yang merupakan salah satu karya penting gerakan seni Artist British Young, dilelang untuk mendukung Yayasan Saatchi Gallery.

tracey emin

Tracey Emin adalah tokoh penting dalam gerakan seni rupa komtemporer, Young British Artist.

Sejumlah analis mengatakan, karya instalasi ini merupakan menggambarkan salah-satu momen kehidupan sang perupa, Tracey Emin, 50 tahun, yang pernah mengalami trauma.

Dalam sambutannya di rumah lelang Christie, London, Tracey Emin mengatakan, dia berharap karya seninya ini dapat "mengubah persepsi masyarakat tentang konsep seni."



July 03, 2014 at 12:19AM

Leave a Reply