Kapolres Garut Upayakan Antisipasi Kemacetan Arus Mudik

Kapolres Garut Upayakan Antisipasi Kemacetan Arus Mudik
Tribun Jabar/M Zezen Zainal M
ilustrasi jalur Malangbong-Gentong, Jawa Barat 

TRIBUNNEWS.COM, GARUT - Jelang arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini Kapolres Garut AKBP Arif Rachman menyatakan ada beberapa masalah terkait yang harus diatasi oleh semua pihak.

Menurutnya lokasi rawan macet di daerah Garut terjadi di daerah pertigaan Malangbong, Pasar Lewo, Pasar Terminal Limbangan, dan Simpang Tiga Lewigong.

"Simpang Pasar Terminal Limbangan tumpah ke jalan akibat pembangunan pasar yang sedang berlangsung,"ujarnya di Kantor Polsek Limbangan, Garut, Jawa Barat, Rabu (2/7/2014).

Sedangkan lokasi yang rawan kecelakaan lalu lintas yaitu Jalan raya Malangbong-Limbangan dan Jalan Raya Tasikmalaya-Malangbong. Pihak Polres Garut telah mengantisipasi dengan peningkatan derek di daerah-daerah rawan tersebut.

Sedangkan karakteristik kemacetan yang menjadi masalah yaitu delman dan andong. Beberapa upaya telah dilakukan oleh Polres Garut diantaranya memberikan kompensasi kepada pengemudi andong dan pembatasan jam kerja.

Berbagai langlah antisipasi dilakukan oleh Polres Garut dengan mengupayakan plothing personil pada simpul-simpul kemacetan. Selain itu, penempatan penyeberang jalan pada satu titik atau metode kanalisasi sedang diupayakan.

Pemberian kanalisasi merupakan suatu solusi yang cukup efektif mengatasi kemacetan di daerah tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengatasi para penyeberang jalan agar tidak menyeberang seenaknya.



July 02, 2014 at 06:40PM

Leave a Reply