Hari Ini PM Palestina Kunjungi Indonesia: RI Tetap Dukung Kemerdekaan Palestina

Hari Ini PM Palestina Kunjungi Indonesia: RI Tetap Dukung Kemerdekaan Palestina
electronicintifada.net
Perdana Menteri (PM) Palestina, Rami Hamdallah. Dijadwalkan Rami dan delegasi akan melakukan lawatan ke Indonesia mulai Jumat (28/2/2014) hingga Minggu (2/3/2014). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Andri Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perdana Menteri (PM) Palestina, YM Rami Hamdallah, beserta delegasi akan mengunjungi Indonesia mulai Jumat (28/2/2014) hingga Minggu (2/3/2014).

Dijadwalkan PM Palestina akan bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Merdeka. Teuku Faizasyah, Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional, mengungkapkan kunjungan PM Palestina ini adalah pertama kalinya sejak dilantik sebagai Perdana Menteri Palestina pada Juni 2013.

Sementara itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah dua kali menerima kunjungan Presiden Palestina YM Mahmoud Abbas di Jakarta, yaitu pada Oktober 2007 dan Mei 2010.

Dijelaskan pula, kedua pemimpin ini akan melakukan pertemuan bilateral pada 28 Februari 2014 untuk membahas berbagai kerjasama bilateral, baik di bidang ekonomi, politik, maupun sosial-budaya.

Presiden SBY dan PM Hamdallah juga akan membahas perkembangan terkini di kawasan, utamanya kawasan Timur Tengah. SBY tentunya akan menegaskan kembali komitmen penuh Indonesia untuk terus mendukung kemerdekaan dan kedaulatan negara Palestina.

PM Palestina juga akan menghadiri Conference on Cooperation Among East Asian Countries for Palestinian Development (CEAPAD) ke-2 di Jakarta. Forum ini bertujuan untuk semakin meningkatkan kontribusi negara-negara peserta terhadap upaya pembangunan nasional Palestina, terutama melalui program-program peningkatan kapasitas. Dalam pelaksanaannya kali ini, CEAPAD akan diketuai bersama oleh Palestina, Jepang dan Indonesia.

"Kunjungan Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah sangat penting artinya bagi konsolidasi hubungan bilateral Indonesia-Palestina sehubungan dengan terbentuknya pemerintahan baru di Palestina," ungkap Faizasyah dalam keterangan tertulis, Rabu (26/2/2014).

Kunjungan resmi ini dan juga penyelenggaraan CEAPAD ke-2 di Indonesia diharapkan akan semakin memperkokoh hubungan bilateral kedua negara, termasuk memperkuat langkah-langkah bersama bagi peningkatan kapasitas Palestina. Hal ini sejalan dengan keteguhan dukungan bangsa Indonesia bagi upaya Palestina untuk mencapai kemerdekaan dan kedaulatannya.



February 28, 2014 at 05:20AM

Leave a Reply