Agus Prayogo dan Jauhari Johan Juara Independence Day Run 2014

Agus Prayogo dan Jauhari Johan Juara Independence Day Run 2014
Super Ball/Feri Setiawan
Peserta dari Independence Day Run 2014, Agus Prayogo berhasil mencapai garis finish pertama kategori 17 KM laki-laki di Kawasan Silang Monas, Jakarta, Minggu (31/8/2014). Sebanyak 45 ribu orang ikut menyemarakkan lomba lari Independence Day Run 2014. (Super Ball/Feri Setiawan) 

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA - Pelari jarak jauh nasional Agus Prayogo dan Jauhari Johan, meraih juara di ajang lomba lari Independence Day 2014 yang dimulai di Istana Negara dan berakhir di Silang Monas, Minggu (31/8/2014).

Agus Prayogo, pelari pelatnas PB PASI yang juga anggota Secapa AD dari satuan Jasdam III Siliwangi, menjuarai   kategori 17 kilometer putra dengan catatan waktu 54 menit.

"Ini adalah salah satu ajang latihan saya menjelang berlaga di Asian Beach Games yang akan digelar di Pukhet, Thailand. Setelah mengeluarkan 100 persen kemampuan saya di kejuaraan nasional beberapa waktu lalu, di Independence Day Run ini saya hanya mengeluarkan 70-80 persen kemampuan saya," ujar Agus Prayogo.

Lebih lanjut Agus mengatakan bahwa sebagai prajurit, dia juga diwajibkan oleh kesatuannya untuk mengikuti lomba lari Independence Day Run yang digelar Pemerintah RI. "Saya sudah kurang lebih satu tahun bergabung dengan Secapa Angkatan Darat. Saat ini saya dinas di Jasmani Kodam III Siliwangi. Meskipun demikian saya masih tetap berlatih di Pelatnas untuk persiapan SEA Games 2015," ujar Agus.

Lebih lanjut Agus mengatakan bahwa dia memastikan diri tidak akan ikut berlaga di ajang Bali Marathon yang akan digelar September mendatang. Hal itu dikarenakan persiapan yang mepet setelah dia berlaga di ajang Kejuaraan Nasional, akhir Agustus lalu.

"Yang pasti saya akan turun di kejuaraan Jakarta Marathon. Tapi fokus saya saat ini adalah berlaga di Asian Beach Games. Di ajang tersebut saya akan berlari di nomor cross country berlari di pasir," ujar Agus.

Sementara itu pelari asal Palembang, Sumatra Selatan, Jauhari Johan meraih juara di kategori 8 kilometer putra dengan catatan waktu 25 menit 56 detik.

Jauhari juga mengaku memanfaatkan ajang lari Independence Day sebagai ajang latihan dan menjaga stamina tubuhnya. Jauhari yang sudah tidak menghuni Pelatnas PASI tersebut kini tengah membidik medali di cabang olahraga Triathlon di ajang Asian Beach Games 2014 di Thailand dan SEA Games 2015 di Singapura.

"Tahun ini saya sedang mencoba cabang baru, Triathlon. Jadi ajang lari ini saya gunakan sebagai  ajang latihan," ujar Jauhari Johan.

Untuk sektor putri, pelari dari PASI Nusa Tenggara Timur, Meri Paijo menjadi yang tercepat di kategori 17 kilometer dengan catatan waktu 1 jam 4 menit 3 detik. Di kategori 8 kilometer, pelari senior asal Nusa Tenggara Timur Olyva Sadi menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 32 menit 6 detik.

Independence Day Run 2014 adalah lomba lari yang digelar oleh Istana Negara dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69. Di ajang lari bertema Semangat 17/8 untuk Merah Putih itu diikuti 4500 pelari. Pihak penyelenggara dari Pasukan Pengaman Presiden, Garuda Finisher dan Bank Rakyat Indonesia selaku sponsir utama menyediakan total hadiah Rp 700 juta untuk 6 peserta pertama yang melewati garis finish di setiap kategorinya.



September 01, 2014 at 12:20PM

Leave a Reply