Kriteria Ideal Calon Menteri Agama Menurut Mantan Ketua Umum PBNU

Kriteria Ideal Calon Menteri Agama Menurut Mantan Ketua Umum PBNU
Dua mantan Menteri Agama yakni Said Agil Husein Al Munawar dan almarhum Tarmizi Taher serta Menag Suryadharma Ali. 

Laporan Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH.Hasyim Muzadi, berharap dalam kabinet Joko Widodo (Jokowi) - Jusuf Kalla (JK), akan ditunjuk seorang Menteri Agama (Menag) yang tidak hanya mengurusi administrasi negara.

Kepada wartawan usai menerima JK di kediamannya di Beji, Depok, Jawa Barat, Minggu (31/8/2014), calon Wakil Presiden di pemilu presiden (Pilpres) 2004 itu mengatakan Menag seharusnya juga mengatur pola pikir masyarakat soal agama.

"Serta mengatur lintas agama, dan dana-dana masyarakat yang dikelola supaya dikelola secara profesional," katanya.

KH Hasyim Muzadi yang kemarin, Sabtu (30/8), didatangi Jokowi itu mengaku sudah menyampaikan gagasannta tentang kabinet yang ideal di pemerintahan Jokowi - JK. Namun ia menegaskan dirinya tidak sampai menyodorkan nama.

Saat ditanya apakah Menag harus berasal dari kalangan NU, ia menjawab selama ini posisi tersebut memang merupakan warga NU atau yang akrab disebut Nahdliyin.

"Biasanya warga NU, kalau tidak warga NU berarti tidak biasa," jelasnya.

Ia juga menyampaikan usulan ke Jokowi - JK agar menteri-menteri di hendaklah orang yang bersih dari permasalahan, visioner dan profesional.



August 31, 2014 at 03:58PM

Leave a Reply