Menteri ESDM Klaim Renegosiasi Kontrak Tambang Asing Sudah Selesai

Menteri ESDM Klaim Renegosiasi Kontrak Tambang Asing Sudah Selesai
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Menteri ESDM, Jero Wacik, melakukan sidak di SPBU Jalan Abdul Muis Jakarta Pusat, Rabu (27/8/2014). Sidak dilakukan untuk mengetahui ketersediaan BBM bersubsidi terkait pembatasan yang dilakukan pemerintah. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menegaskan urusan renegosiasi kontrak tambang sudah selesai dengan perusahaan asing. Sehingga hampir seluruh perusahaan tambang asing yang ingin melakukan ekspor mineral sudah mendapat izin.

"Yang asing-asing sudah beres," ujar Jero di Komisi VII DPR RI Rapat Kerja, Senin (1/9/2014).

Kendati perusahaan asing banyak yang sudah selesai dengan urusan renegosiasi kontrak, namun Jero memaparkan masih banyak perusahaan dalam negeri yang protes. Ia menegaskan masalah renegosiasi kontrak tak memandang perusahaan asing atau lokal.

"Teman-teman dari Kadin protes karena dia harus bayar semua kewajiban, kewajiban nggak mau dibayar ekspor dapat, kalau sudah clear baru boleh ekspor," ujar Jero.

Jero menambahkan pihaknya ingin perusahaan nasional selain meningkatkan pendapatan dalam negeri, juga membina hubungan baik dengan pemerintah. Dengan begitu perusahaan lokal tambang tidak kalah bersaing.

"Kalau asing tegas kalau perlu kita keras itu yang saya tambahkan. Saya terima kasih komisi VII DPR dukungan UU minerba, tim renegosiasi sangat keras," kata Jero.



September 01, 2014 at 12:07PM

Leave a Reply