Ahok Bermimpi Punya Garasi yang Muat untuk 10 Mobil Jip

Ahok Bermimpi Punya Garasi yang Muat untuk 10 Mobil Jip
Warta Kota/Henry Lopulalan
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjawab pertanyaan awak media menanggapi soal pemberian mandat kepada Gubenur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) sebagai capres dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), di kantornya, Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (14/3/2014). Warta Kota/Henry Lopulalan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Meski sudah menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta, ada cita-cita Ir. Basuki Tjahaja Purnama, MM yang belum kesampaian. Menjadi seorang crosser yang terinspirasi oleh film "Ali Topan Anak Jalanan" tentu terlewatkan mengingat usia yang 47 tahun sudah tak mudah. Satu lagi, Ahok - sapaan akrab Basuki - ingin punya garasi yang bisa menyimpan 10 mobil.

Keinginan itu disampaikan pada acara OTOMOTIF AWARD 2014  di Taman Ismail Marzuki (TIM), 27 Maret lalu. Ia menerima penghargaan khusus sebagai News Maker dan dikatakan bahwa dirinya sangat suka dengan acara ini yang Indonesia sekali.

"Majalah seperti ini sangat membantu kami yang tidak mampu beli mobil. Jadi, kalau malam minggu dilihat-lihat seperti sudah punya mobil," cerita kelahiran Manggar, Belitung Timur.

Dikatakannya, pihaknya (Pemprov DKI) sedang bergumul dengan dunia otomotif. Bayangkan, yang membayar pajak penghasilan di seluruh Indonesia Rp90 triliun, "Tapi, yang membayar pajak pribadi hanya Rp4 triliun. Jadi, mereka yang kredit sepeda motor dan mobil tidak membayar pajak," beber Ahok.

Mulai tahun ini, lanjutnya, kita akan mendata, siapa yang beli mobil, berapa nomor NPWP dan pajak yang dibayar berapa? "Nah, yang tidak membayar pajak, STNK-nya diblokir," sebut Ahok.

Untuk industri otomotif, terutama dengan mobil murah yang sudah berjalan, Ahok melihat dari sisi positifnya. Malah, Pemprov DKI mendukung infrastruktur dengan merencanakan pembangunan pelabuhan. "Kita punya tanah di kawasan belikat. Dan saya sudah mengajak Astra untuk menanam saham dan juga merek mobil lainnya," bocor Ahok.

Selain pelabuhan laut untuk pengiriman mobil, DKI juga akan membangun pelabuhan udara di Marunda, Jakarta Utara. Tak cuma itu, untuk mengatasi kemacetan, DKI akan menyediakan bus tingkat gratis yang akan mengelilingi jalur utama. Seperti dari Kota Tua menuju, Monas, Gambir, Pasar Baru, dan Juanda. "Juga ada dari Gatot Subroto ke Slipi, Monas menuju Blok M, Bunderan HI ke Tanah Abang, dan Lapangan menteng ke kota Casablanca," urainya.

Lantas bagaimana dengan impian kedua Ahok? "Saya ingin punya garasi bisa menyimpan 10 mobil. "Ada jip-jip tersimpan didalamnya yang sekali waktu bisa dibawa keluar masuk hutan seperti off-road," tutup Ahok yang suka jip terinpirasi dari film Arjuna Mencari Cinta dengan mobil Toyota Hardtop.



March 31, 2014 at 04:11PM

Leave a Reply