Sejuta Koin untuk Perbaiki Jalan Rusak Sumedang

Sejuta Koin untuk Perbaiki Jalan Rusak Sumedang
Tribun Jabart/Std
Aliansi Mahasiswa Sumedang, menggelar aksi pengumpulan satu juta koin untuk perbaikan jalan yang rusak parah, Minggu (30/3/2014). 

TRIBUNNEWS.COM, SUMEDANG - Aliansi Mahasiswa Sumedang, menggelar aksi pengumpulan satu juta koin untuk perbaikan jalan yang rusak parah, Minggu (30/3/2014).

Pengumpulan satu juta koin itu, dilakukan para mahasiswa di bunderan Dano yang kondisi jalannya sudah rusak berat.

Mereka membawa dus kecil sebagai wadah sumbangan koin yang bertuliskan "ngumpulkan sajuta coin kanggo jalan Sumedang yang langkung sae menyodorkan dus ke kendaraan yang lewat."

"Warga sudah kesal melihat kondisi jalan di Sumedang yang rusak parah. Alam dieksplotasi besar-besar tapi infrastruktur jalan tidak diperhatikan," kata Daryanti salah seorang mahasiswa saat aksi.

Menurut mereka, penggalian pasir dan batu di Sumedang langsung diangkut dari lokasi penggalian dengan truk besar. "Seharusnya ada tempat transit khusus bagi truk pengangkut pasai yang disesuaikan dengan kapasitas tonase jalan," katanya.

Akibat infrastruktur jalan yang rusak maka Sumedang sekarang menjadi macet, sering terjadi kecelakaan dan juga polusi udara. "Pemerintah seperti lepas tanggungjawab," kata Indra salah seorang mahasiswa.

Disebutkan, kerusakan jalan karena banyaknya kendaraan berat yang melebihi tonase tapi dibiarkan tanpa ditindak dan dilarang.

"Kapasitas jalan tidak sesuai dengan tonase kendaraan dan seharusnya jembatan timbang betul-betul difungsikan sehingga tidak ada kendaraan yang lewat melebihi beban jalan," katanya.

Kerusakan jalan akan terus terjadi selama kendaran besar yang mengangkut batubara sampai pasir dan batu dengan tonase 40 ton dibiarkan masuk jalan.

Akibatnya, jalan negara mulai dari Kadipaten, Majalengka sampai Jatinangor sepanjang 63 km rusak.

"Ketika Presiden SBY ke Sumedang, jalan ini menjadi baik dan ditambal dalam semalan dan menjadi mulus tapi mengapa untuk rakyat yang memilih presiden jalan ini tak diperbaiki," katanya. (std)



March 30, 2014 at 05:12PM

Leave a Reply