Survei CSIS: 3 Skenario dengan Jokowi Tetap Pemenang

Survei CSIS: 3 Skenario dengan Jokowi Tetap Pemenang
KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNA
Bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Joko Widodo (duduk tengah), mengunjungi para petani di Widodaren, Ngawi, Jawa Timur, Senin (31/3/2014). Pria yang akrab disapa Jokowi ini menanyakan kepada petani tentang bibit, irigasi dan juga kesejahteraan hidup para petani. 

TRIBUNNEWS.COM - Center for Strategic and International Studies (CSIS) pada Maret 2014 menggelar survei untuk mengetahui elektabilitas calon presiden. Survei itu membuat tiga skenario calon presiden.

Hasilnya, dengan skenario apapun, calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI) Joko Widodo alias Jokowi selalu tampil sebagai pemenang.

Skenario Pertama: Jokowi vs Prabowo

Jokowi: 54,3 persen
Prabowo: 28,3 persen

Skenario Kedua: Jokowi vs calon-calon lain

Jokowi 31,8 persen
Prabowo Subianto 14,3 persen
Wiranto 10,3 persen

* Aburizal Bakrie, Megawati, dan Jusuf Kalla mendapat kurang dari 10 persen.

Skenario Ketiga: Jokowi vs Aburizal Bakrie, vs Prabowo

Jokowi 45,7 persen
Prabowo 23,6 persen.
Aburizal Bakrie 14 persen

Demikian intisari hasil survei CSIS yang diumumkan di Jakarta, Senin (31/3/2014).

Survei CSIS melibatkan 1.200 responden yang dilakukan di 33 provinsi sejak 7-17 Maret 2014. Margin of error survei ini sekitar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Pemilihan responden dilakukan secara acak dengan proporsi jenis kelamin fifty-fifty.

Dalam perhitungan untuk tingkat nasional, masing-masing provinsi dialokasikan responden sesuai proporsi populasi dari data Badan Pusat Statistik.

Mengenai sumber dana, CSIS mengakui bahwa survei ini dilakukan dengan sokongan dana dari eksternal non partai politik ditambah anggaran penelitian dari internal. Tetapi mengenai besarannya tidak disebutkan.(*)

LIHAT JUGA:

Survei CSIS: Prabowo Kalah dari Jokowi



March 31, 2014 at 03:47PM

Leave a Reply