Bakteri E Coli Penyebab Wawali Manado dan Warga Keracunan

Bakteri E Coli Penyebab Wawali Manado dan Warga Keracunan
net
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, MANADO - Dinas Kesehatan Manado mengumumkan hasil laboratorium dari bahan makanan RM Kawan Baru sesuai laporan korban, Jumat (31/10/2014). Dari hasil pemeriksaan laboratorium ditemukan adanya Bakteri Escherichia Coli (E Coli) dalam jumlah besar.

Bakteri inilah yang menyebabkan penyakit diare, mual dan pusing pada Wawali Manado dan belasan orang lainnya yang makan di RM Kawan Baru.

"Hasil laboratorium ditemukan bukan racun tapi bakteri E Coli pada brenebon dan durian. Jadi kemungkinan besar dari brenebon dan es durian. Bakteri ini dalam jumlah yang besar sehingga jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan reaksi berlebihan karena bisa dibilang mengotori usus dan saluran pencernaan," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Manado, dr Robby Mottoh.

Dalam kasus yang terjadi, Mottoh mengakui bahwa bakteri E Coli ini bisa menyebabkan kematian ketika korban yang diare tidak segera diobati.

"Tentu bakteri ini menyebabkan diare, jika orang terus buang air maka akan kekurangan cairan dan jika terus menerus seperti itu bakteri ini memang bisa buat orang meninggal," tegasnya.

Mottoh menegaskan bakteri E Coli akan muncul karena adanya kotoran dalam bahan makanan, kotoran dalam wadah atau dalam proses memasak. Ia tak mau berkomentar berkaitan indikasi kesengajaan oknum karyawan atau 'penyusup' yang sengaja menciptakan bakteri mematikan itu ke dapur Restoran Kawan Baru.

"Intinya kalau dapur kotor bakteri itu akan muncul. Jadi dapur harus dijaga kebersihannya jangan kotor atau disengaja menjadi kotor," ujarnya. (dit)



November 01, 2014 at 09:29AM

Leave a Reply