Ninja Bisa Menghilang Hanya Ada dalam Film

Ninja Bisa Menghilang Hanya Ada dalam Film
Foto IgaRyu
Ninja dengan piao nya (shuriken) beraksi di sebuah hutan. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Banyak yang mengira bahwa ninja (Shinobi dalam bahasa Jepang) memiliki kekuatan gaib. Bisa menghilang begitu saja, bisa terbang dan sebagainya. Benarkah seperti itu? Berikut komentar ninja senior Jepang yang diwawancarai khusus Tribunnews.com baru-baru ini.

"Berbagai murid yang belajar kepada saya memang banyak yang berpikir kalau ninja itu punya kekuatan gaib, terutama yang belajar ninjutsu, yang bertujuan untuk bisa menjadi ninja," papar Masaaki Hatsumi, master Ninja Jepang ini, khusus kepada Tribunnews.com.

Menurut Hatsumi, bagi seorang ninja harus memiliki keberanian.

"Apabila dia tak punya keberanian maka dia juga tak bisa menguasai ilmu ninja dengan baik. Kekuatan gaib sama dengan kekuatan gaib keberanian. Jadi seseorang harus punya keberanian tinggi untuk bisa mencapai ilmu yang tinggi," kata.

"Saya selalu mengatakan kepada murid saya yang kebanyakan mereka pun juga guru di tempat perguruan bela diri mereka masing-masing, bahwa apabila hanya mencari kekuatan (strong) maka mereka hanya akan terkoneksi dengan ketidakberuntungan (missfortune) yang berarti mereka harus menganalisa kelemahan mereka sebenarnya," ungkapnya.

Kalau mereka bisa belajar ilmu ninja lebih dari satu dekade tetapi tak bisa sadar diri sendiri akan kesalahan tersebut, maka mereka akan berada di daerah yang berbahaya sebenarnya. Dimana mereka akan kehilangan kepala mereka sendiri dan artinya menjadi ninja yang bodoh.

Pada kenyataannya, sebenarnya ninja tidak bisa menghilang, tetapi kecepatan yang luar biasa membuatnya seolah menghilang. Demikian pula dengan trik yang ada. Misalnya adanya lubang persembunyian bawah tanah, sehingga saat berlari seolah hilang. Sebenarnya dengan kecepatan yang luar biasa ninja menyelinap ke bawah tanah tak terlihat atau menggunakan penutup (cover) rerumputan, sehingga seolah ninja menghilang.

Demikian pula ninja yang melayang-layang di udara itu sebenarnya hanya ada di film action saja dan tidak benar. Ninja tidak bisa melayang-layang seperti layangan. Ninja bisa melompat tinggi dengan ilmunya mungkin sekitar dua meter, tetapi kalau melayang-layang itu adalah kebohongan yang dibuat di dalam sebuah film supaya kelihatan menarik.



November 01, 2014 at 12:08PM

Leave a Reply