JK: Indonesia Bangsa dengan Agama Islam Paling Aman di Dunia

JK: Indonesia Bangsa dengan Agama Islam Paling Aman di Dunia
Tribunnews/Dany Permana
Wakil Presiden Jusuf Kalla 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri pembukaan musyawarah nasional alim ulama dan konferensi besar Nahdlatul Ulama 2014 di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Sabtu (1/11/2014).

Dalam acara tersebut JK mengatakan, Indonesia sebagai negara islam terbesar di dunia tergolong aman jika dibandingkan negara islam lain.

"Yang mengembirakan adalah Indonesia diantara semua negara islam terbesar di dunia ialah negara paling aman. Tentu kita bersyukur, sementara Pakistan, Afganistan dan lain sebagainya masih berkonflik, bahkan memakan korban jiwa," kata JK saat memberikan sambutan.

Menurutnya, hal ini tak lepas dari peran alim ulama yang ikut menjaga keamanan dan harmoni bangsa. Namun demikian, selama hampir 70 tahun Indonesia merdeka, ada lima konflik besar yang terjadi di Indonesia.

"Islam di Indonesia selalu moderat dan menjadi pemersatu bangsa. Tapi yang perlu diperhatikan, sebagai sejarah ada lima konflik besar. Hanya dua alasan yang menyulut konflik tersebut. Pertama ideologis, kedua ketidakadilan," ujarnya.

Dikatakan JK, hal ini harus jadi perhatian seluruh warga negara. Untuk itu dirinya meminta Kader NU sebagai bagian dari elemen bangsa bisa membantu pemerintah dengan keteladanan yang dimiliki.

"Jaga sikap kesederhanaan dan ahklak NU. Lewat Munas yang merupakan forum tertinggi dan sangat penting ini untuk mencari kebaikan," kata JK.



November 01, 2014 at 10:59AM

Leave a Reply