Hari ini Digelar Ruwat Sukerto Mojopahit

Hari ini Digelar Ruwat Sukerto Mojopahit
TRIBUN JOGJA/ SITI ARIYANTI
Penemuan benda kuno di Dusun Soge, Sanden Bantul sempat hebohkan warga. Benda kuno itu terdiri dari pedang (kiri), kujang dua buah (tengah) serta tombak (kanan). 

TRIBUNNEWS.COM, MOJOKERTO - hari ini, Jumat (30/10/2014) akan digelar Ruwat Sukerto yang dilangsungkan di Pendopo Agung Trowulan.

Di tempat bekas  Kerajaan Mojopahit ini, warga boleh melakukan ruwatan suci. Ruwat Sukerto adalah satu rangkaian dengan Ruwat Nuswantara yang digelar dalam rangka menyambut tahun baru Jawa, 1 Suro.

Saat ini, puluhan warga sudah mulai berdatangan ke Pendopo Agung. Mereka rela antre untuk melakukan ritual Ruwat Sukerto yakni upacara suci menghilangkan seluruh kesialan, cobaan, marabahaya, dan seluruh sengkolo atau apes.

"Saya datang bersama keluarga dari Surabaya," ucap Vivi, salah satu warga yang antre untuk diruwat.

Satu per satu, warga sudah mulai dipanggil panitia. Ada yang datang dari Malang, Surabaya, Kediri, Jombang, dan daerah lain di Jatim.

Selain orang tua, mereka adalah para anggota keluarga yang lain.

"Peserta ruwat yang hadir ini sudah mendaftar sebelumnya," kata panitia ruwat.

Mereka secara bergantian dan tertib akan dimasukkan dalam bilik suci, bilik ruwat. Di dalam bilik ini sudah tersedia gentong besar berisi air kembang.

Air dengan aroma wangi alam ini diyakini memberikan kejernihan pikiran dan keharuman seluruh tubuh. Bahkan pikiran juga menjadi jernih dan hati wangi atau baik. (Faiq nuraini)



October 31, 2014 at 10:15AM

Leave a Reply