Dubes Australia Kunjungi Wilayah Indonesia Timur

Dubes Australia Kunjungi Wilayah Indonesia Timur
Pos Kupang/Thomas Duran
MENIKMATI AIR KELAPA - Duta Besar Australia untuk Indonesia Greg Moriarty didampingi Bupati Timor Tengah Utara Raymundus Sau Fernendes meninjau kebun kelompok tani di Desa Oenain sambil menikmati air kelapa muda, Sabtu (22/9/2012). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Duta Besar Australia untuk Indonesia, Greg Moriarty, mengawali kunjungannya ke Indonesia Timur, tepatnya Makassar, Sulawesi Selatan. Kunjungan ini guna memperkukuh hubungan bersejarah yang penting antara Makassar dan Australia.
 
Moriarty, dalam keterangan yang diterima Tribunnews.com, akan bertemu dengan para tokoh pemerintah setempat, alumni Australia, dan menghadiri pagelaran oleh penyanyi Penduduk Asli Australia yang ternama, Gurrumul, yang melakukan pagelaran perdana di Makassar Jazz Festival.
 
"Pedagang Makassar melakukan kontak kali pertama dengan Australia pada abad ke 17. Kunjungan ini menghadirkan peluang untuk mengenang hubungan bersejarah ini dan memperdalam hubungan antar-warga kedua negara kita,” ujar Moriarty, Jumat (31/10/2014).
 
Moriarty juga akan mengunjungi proyek hibah air minum yang didanai oleh Australia di Bantimurung, Sulawesi Selatan, yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah rumah tangga miskin yang memiliki akses ke air PAM dan selokan.
 
Wilayah Indonesia Timur lainnya yang akan dikunjungi Moriarty selanjutnya adalah Provinsi Papua, sebagai bagian dari dukungan jangka-panjang Australia atas pembangunan ekonomi di Indonesia Timur.
 
Di Papua, Moriarty akan menemui para pejabat pemerintah setempat, para pengusaha dan alumni Australia, serta berkunjung ke pusat-pusat kesehatan, sekolah dan proyek-proyek pembangunan yang didanai oleh Pemerintah Australia.
 
"Australia bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia, pemerintah provinsi dan pemerintah setempat untuk mendukung pembangunan di provinsi-provinsi Papua,” tutur Dubes Moriarty.



October 31, 2014 at 11:31AM

Leave a Reply