Bek Chelsea Tomas Kalas Buah Perjudian Jose Mourinho

Bek Chelsea Tomas Kalas Buah Perjudian Jose Mourinho
ChelseaFC
Bek muda Chelsea, Tomas Kalas. Penampilannya yang disiplin menjaga daerah dan tenang ketika berhadapan melawan penyerang Liverpool seperti Luis Suarez dan Daniel Sturridge membuat gawang Chelsea tak kebobolan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebutan The Special One memang pantas disandang Jose Mourinho. Pelatih yang dikenal sebagai sosok kontroversial tersebut, tidak hanya pandai dalam urusan taktik, tetapi juga cakap saat membentuk bibit-bibit pemain bola hingga menjadi seorang bintang.

Didier Drogba merupakan salah satu contoh bagaimana pemain dari negara Pantai Gading mampu menjelma menjadi penyerang menakutkan di Eropa. Sekarang, pelatih asal Portugal kembali menuai benih.

Tomas Kalas merupakan salah satu perjudian Mourinho. Bek berusia 20 tahun menjalani debut di klub Chelsea. Tak tanggung-tanggung, Kalas tampil di pertandingan yang menentukan nasib The Blues meraih gelar juara di Premier League.

Mourinho sengaja menyimpan Gary Cahill yang dipersiapkan tampil di leg kedua semifinal Liga Champions melawan Atletico Madrid di Stamford Bridge. Sementara, kondisi John Terry belum memungkinkan untuk diturunkan.

Tomas Kalas mengambil berkah dari ketidakhadiran Terry dan Cahill. Dia masuk dalam daftar starting line up Chelsea melawan Liverpool, pada hari minggu lalu, pesepakbola asal Republik Ceko menempati posisi bek tengah mendampingi Branislav Ivanovic.

“Saya tidak (grogi), dan saya harus mengakui itu mengejutkan. Mungkin itu seperti demikian karena saya baru mengetahui saya ada di starting line-up pada hari pertandingan, jadi saya tidak punya waktu untuk grogi,” kata Kalas kepada Sport-Invest.

Di pertandingan debut, Tomas Kalas tampil selama 90 menit. Penampilannya yang disiplin menjaga daerah dan tenang ketika berhadapan melawan penyerang Liverpool seperti Luis Suarez dan Daniel Sturridge membuat gawang Chelsea tak kebobolan.

Chelsea berhasil meraih kemenangan 2-0 melalui gol yang dicetak Demba Ba menit 45 dan Willian menit 90. Situs Whoscored memberikan nilai rata-rata tujuh kepada pemain Chelsea termasuk juga Kalas.

“Pelatih bertanya, dengan nada bercanda, kepada pemain paling berpengalaman, siapa lawan debut mereka di Premier League. Mereka menyebut berbagai klub dan Mourinho mengatakan kepada saya, 'Lihat, Anda akan melawan Liverpool untuk debut Anda',” kata Kalas.

Tomas Kalas lahir di Olomuc, Republik Ceko pada 15 Mei 1993. Dia memulai karier sepak bola dengan bergabung di klub Sigma Olomuc. Bakat Kalas tercium pemandu bakat Chelsea. Akhirnya, pada 7 Juli 2010, dia didatangkan ke Stamford Bridge seharga 5,2 juta poundsterling.

Selama dua tahun pada musim 2011-2013, Tomas Kalas dipinjamkan ke klub Vitesse Arnhem, peserta kompetisi Eredivise Belanda.

"Saya harap orang-orang tidak bisa melihat bahwa itu adalah pertandingan pertama saya. Secara alami, saya belajar di mana saya harus berkembang dan apa yang harus saya benahi, tetapi secara umum saya memiliki perasaan yang bagus," tutur Kalas.



April 30, 2014 at 09:02PM

Leave a Reply