Game Atari ditemukan di gurun Meksiko

atari

Game itu diduga "dibuang karena malu"

Para arkeolog menemukan video game Atari yang dikubur di gurun New Mexico, Amerika Serikat 30 tahun yang lalu.

Sebelumnya beredar rumor bahwa Atari dilaporkan telah membuang jutaan set game atau disebut kartrid.

Dan ternyata banyak ditemukan kartrid Atari setelah dilakukan penggalian selama tiga jam, termasuk salinan game ET: The Extra Terrestrial.

Atari membuat jutaan salinan game ET, tetapi gagal di pasaran yang berujung pada matinya perusahaan tersebut.

"Untuk banyak orang, ini adalah sesuatu yang dipertanyakan dan sudah menjadi rumor selama 30 tahun, dan mereka hanya ingin jawaban," kata Zak Penn, direktur sebuah film dokumenter yang dibuat untuk mencari dan mengungkap situs tersebut.

Film dokumenter yang dibuat oleh Fuel Entertainment ini sedang dipersiapkan untuk saluran televisi Microsoft yaitu Xbox.

Populer di era 70-an

Atari diperkirakan adalah game yang tak laku kemudian dibuang di pinggiran Alamogordo pada tahun 1983 ketika perusahaan itu merugi.

Game ini populer pada akhir tahun 1970-an dan awal 1980-an dan dipersiapkan untuk mengejar kesuksesan film ET yang di sutradarai oleh Steven Spielberg pada tahun 1982.

Game Atari dibuat dalam waktu lima minggu untuk konsol Atari 2600. Bahkan sebelum Atari selesai diproduksi, sejumlah biaya besar telah dikeluarkan untuk menghasilkan jutaan kopi game tersebut.

Game ET ini digambarkan sebagai salah satu game terburuk yang pernah dibuat. Game ini menantang namun memiliki grafis yang buruk membuat orang-orang berhenti membeli dan meninggalkan Atari.



April 30, 2014 at 09:30PM

Leave a Reply