Dana Antisipasi Dampak Penutupan Pabrik Mobil Ditambah $40juta

Pemerintah Federal Australia akan mengucurkan dana tambahan senilai AUD$40 juta untuk mendanai pekerja industri mobil yang akan kehilangan pekerjaannya.  Tambahan pendanaan ini diumumkan untuk merespon keputusan Ford, Holden dan Toyota yang akan berhenti memproduksi mobil di Australia.

Tambahan pendanaan ini bertujuan untuk membantu memberi pelatihan kepada para pekerja dan membantu perusahaan komponen mobil untuk mencari pasar baru.

Kenaikan anggaran ini diambil dari dana kontribusi Commonwealth sebesar AUD$100 juta, dengan tambahan AUD$55 juta berasal dari pemerintah Victoria dan Australia Selatan, Holden dan Toyota.

Menteri Utama Victoria, Denis Napthine mengatakan komitmen tambahan anggaran itu disambut baik oleh para pekerja dan industri.

"Ini adalah tentang membantu para pekerja yang terkena dampak dari perubahan ini. Dan juga membantu sector usaha yang terkena dampak perubahan ini," katanya.
 
"Ini adalah tentang menyediakan peluang baru dan lebih baik bagi para pekerja dan para pebisnis,” katanya.

Pemerintah negara bagian Australia Selatan, yang telah diminta untuk memberikan kontribusi sebesar AUD$12 juta untuk dana tersebut, sampai saat ini belum berkomitmen untuk ikut mendanai paket pemulihan yang direvisi tersebut.
 
Menteri Keuangan Australia Selatan, Tom Koutsantonis mengatakan ia ingin melihat rincian tentang bagaimana pembagian dana tersebut.

"Saya menyambut baik peningkatan investasi yang dilakukan, dan saya yakin semua orang sadar termasuk pemerintah Commonwealth, kalau paket bantuan awal mereka kurang signifikan dan tidak cukup,”katanya.

“Saya pikir mereka sedikit malu dengan apa yang telah mereka investasikan - $ 100 juta saja, tapi kami harus memastikan sebelum kita melakukan investasi bersama bahwa kita mendapatkan jumlah yang tepat untuk dihabiskan di negara ini."
 
Tapi pendapat Koutsantonis ini tampaknya bertentangan dengan Menteri Perindustrian federal Ian Macfarlane, yang percaya kesepakatan telah tercapai.
 
"Mereka telah sepakat," katanya.

“Saya sudah berbicara kemarin dengan Tom Koutsantonis, Menteri Keuangan dan juga Menteri Energi Sumber Daya  - dan  mereka telah sepakat.
 
"Tapi ada diskusi lebih lanjut yang terjadi, baik dengan Victoria maupun Australia Selatan, sekitar potensi perluasan skema."

Dia menambahkan: "Saya yakin bahwa selama empat tahun ke depan kita akan dapat menempatkan paket transisi yang dapat meminimalkan rasa sakit untuk mereka yang terlibat secara individual, tetapi juga memberi kita kesempatan terbaik dalam jangka panjang."



May 01, 2014 at 01:30AM

Leave a Reply