Bertemu Prabowo, PDIP Akan Evaluasi Pergerakan Jokowi

Bertemu Prabowo, PDIP Akan Evaluasi Pergerakan Jokowi
KOMPAS.COM/INDRA
Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto di Istana Bogor, Kamis (29/1/2015) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PDI Perjuangan diyakini akan memberikan evaluasi menyusul pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Pengamat politik Gun Gun Heryanto mengatakan Jokowi sengaja bertemu Prabowo untuk menaikkan posisi tawarnya di hadapan partai pengusungnya sendiri, PDI Perjuangan.

"Jadi dia akan mengevaluasi juga pergerakan Jokowi. Yang menariknya posisi ini menurut saya bisa menaikkan daya tawar. Terlebih kalau kemudian ada satu posisi dimana tindakan konkret Prabowo mengubah peta konfigurasi kekuatan politik," ujar Gun Gun di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (31/1/2015).

Gun Gun memprediksi PDI Perjuangan tidak akan memainkan zero sum game. PDI P bagaimanapun juga tidak mau kehilangan sosok Joko Widodo. Pasalnya, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu sudah sepuluh tahun tidak berkuasa.

Menurut Gun Gun ada makna menarik di balik pertemuan kedua orang yang pernah bertarung di Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden itu. Prabowo, yang notabene adalah lokomotif Koalisi Merah Putih mengatakan akan mendukung pemerintahan Jokowi.

"Kalau ada perubahan konfigurasi politik paska (pertemuan dengan Prabowo) itu, maka itu sumber daya politik bagi Jokowi untuk melakukan positioning," tukas Gun Gun.



January 31, 2015 at 01:47PM

Leave a Reply