Sekitar 15 ABK Kapal Tanker yang Dibajak Berhasil Dievakuasi

Sekitar 15 ABK Kapal Tanker yang Dibajak Berhasil Dievakuasi
patroli Polisi Air

TRIBUNNEWS.COM.BITUNG - Sebanyak 15 kru Kapal Tanker MT Rehobot GT 700 yang dibajak oleh delapan pria bertopeng akhirnya berhasil dievakuasi Kapal Polisi Beo 5013 milik Polair Mabes Polri di Perairan Sulawesi, Sabtu (31/1/2015) pukul 04.30 Wita.

Kondisi ke 15 kru kapal yang dibajak lalu di buang ke laut itu berhasil selamat menumpang rakit rumpon dan pamboat milik nelayan. Mereka juga dalam keadaan sehat.

"Titik evakuasi para ABK berada di perairan Sulawesi berbatasan langsung dengan Filipina 97 mil barat laut dari Pulau Talise dan 127 mil dari Bitung, sedangkan posisi saat mereka dibuang sekitar 20 mil dari posisi ditemukan," tutur AKP Puguh Suwito selalu Kepala kamar Mesin KP Beo, Sabtu (31/1/2015) kemarin.

Dijelaskan doa, jalannya evakuasi diwarnai dengan terpaan ombak setinggi 3,5 meter sempat membuat proses evakuasi menggunakan searider mengalami kesulitan.

Dan KP Beo saat tiba di lokasi sekitar pukul 04.30 Wita memilih menunda evakuasi hingga matahari terbit karena keadaan berombak serta cuaca masih gelap.

"Kami mengitari mereka sambil menunggu terang, sekitar pukul 06.00 Wita pagi kami menurunkan satu unit Searider dengan susah payah karena ombak," tambahnya.

Proses evakuasi sendiri dilakukan sejumlah tiga kali, dimana pada setiap kesempatan Searider bersama dua ABK KP Beo angkut lima orang ABK dari pamboat dan rakit secara bergantian kemudian dibawa ke belakang kapal untuk selanjutnya dinaikkan ke atas kapal.



February 01, 2015 at 09:01AM

Leave a Reply