Sejak Tengah Malam Banjir Menerjang Kabupaten Bungo

Sejak Tengah Malam Banjir Menerjang Kabupaten Bungo
TRIBUN JAMBI
-Banjir menerjang Kabupaten Bungo. Hujan sejak tengah malam, mengakibatkan ratusan rumah direndam banjir. Tampak warga mengungsi

TRIBUNNEWS.COM.MUARA BUNGO, -Banjir menerjang Kabupaten Bungo. Hujan sejak tengah malam, mengakibatkan ratusan rumah terendam

Di Kecamatan Pelepat hampir 200 rumah warga terendam air. Luapan Sungai Batang Pelepat dan Batang Senamat mengakibatkan empat dusun di sekitarnya nyaris lumpuh selama sehari.

Camat Pelepat, Abasri mengatakan, ada 47 rumah yang terendam di Dusun Sekampil. Lalu 50 rumah di Sungai Beringin, 45 rumah di Rantau Keloyang, serta 50 rumah di Rantel. "Ditambah fasilitas umum, lebih 200 bangunan. Memang paling banyak rumah penduduk," ujar Abasri kepada Tribun, Sabtu (31/1/2015).

Ia mengatakan, luapan air masuk ke pemukiman mulai pukul 04.00. Makin lama makin meninggi. Kondisi itu membuat warga menjadi panik dan berusaha menyelamatkan diri. "Ketinggian sampai sekitar dua meteran lah. Hampir setinggi atap rumah penduduk. Saya sangat khawatir dengan keselamatan mereka," ujar Abasri.

Apalagi bagi warga Sungai Beringin. Dusun ini baru bisa diakses dari luar setelah pukul 11.00. Pasalnya jalan dan jembatan yang menuju ke dusun tertutup oleh luapan air yang cukup dalam. Ia katakan, tak ada korban jiwa. Namun sawah-sawah penduduk dipastikan sangat banyak yang hancur. Demikian pula kolam dan keramba ikan milik warga.

Hampir semuanya dibawa hanyut air bah. "Korban jiwa alhamdulillah tidak ada. Ternak kami belum dapatkan data pasti, karena kita fokus penyelamatan warga dulu. Tapi keramba ikan hanyut semua," jelasnya. Kapolsek Pelepat, Iptu Gita Suhandi mengerahkan seluruh anggotanya ke dusun-dusun terkena banjir.

Di tengah kegelapan menjelang subuh, anggota Polsek Pelepat berupaya membantu penyelamatan warga. "Kita juga berbagi konsentrasi menjaga keamanan. Jangab sampai ada yang menangguk di air keruh saat warga sedang panik," ujar Gita. Wabup H Mashuri langsung datang ke lokasi bencana banjir.

Halaman12


February 01, 2015 at 11:04AM

Leave a Reply