BPJS Kesehatan Dorong Anak Muda yang Sehat Ikut JKN

BPJS Kesehatan Dorong Anak Muda yang Sehat Ikut JKN
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Sejumlah warga antre mendaftar BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) di Kantor BPJS Jalan Proklamasi, Pegangsaan, Jakarta Pusat, Rabu (24/9/2014). Sejak diberlakukan program BPJS Kesehatan, warga rela antri untuk mendapatkan pelayanan pendaftaran. Warta Kota/angga bhagya nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. (BPJS) Kesehatan akan memperkuat pemahaman, penerapan tiga pilar utama penyelenggaraan sosial.

Tiga pilar itu yang jadi perhatian adalah pengumpulan pendapatan (revenue collection), pengumpulan risiko (risk pooling) dan pembelian (purchasing).

Pengumpulan pendapatan untuk memastikan ketersediaan sumber dana pelayanan kesehatan, risk polling memastikan adanya subsidi silang antarpeserta.

Purchasing atau pembelian bertujuan memastikan tersedianya pola dan besaran pembayaran bagi fasilitas kesehatan.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris menyatakan, penguatan tiga pilar itu dengan menitikberatkan masuknya peserta yang muda, sehat dan mampu secara kontinyu membayar iuran serta pengendalian fraud.

"Dengan cara itu, Indonesia jadi negara sehat dengan jaminan kesehatan yang universal," kata Fahmi Idris di sela-sela Rapat Arahan dan Strategi Nasional BPJS Kesehatan 2015 di Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Disebutkan untuk tahun 2015 ini, BPJS Kesehatan menetapkan tiga fokus yang menjadi perhatian 2015 yakni sukses implementasi Kartu Indonesia Sehat (KIS).

"Kita akan menyelesaikan mencetak dan mendistribusikan Kartu Indonesia Sehat 100 persen seperti yang didaftarkan pemerintah," katanya.

BPJS juga akan melakukan mutu kendali biaya yakni ditargetkan rasio klaim tahun 2015 mencapai 98,5 persen dan sukses kolektibilitas iuran yang terkoleksi adalah 95,1 persen.

"Kita juga menargetkan penambahan rekrutmen peserta pekerja penerima upah sebanyak 29,1 juta," katanya. (Eko Sutriyanto)



January 30, 2015 at 11:00AM

Leave a Reply