Gara-gara Pembangunan Hotel Bekas SMP Sri Sultan Longsor

Gara-gara Pembangunan Hotel Bekas SMP Sri Sultan Longsor
Tribun Jogja/Theresia Andyani
Situasi sekolah SMPN 3 Yogya, dimana di sebelahnya sedang dibangun hotel. 

TRIBUNNEWS.COM.YOGYA - Tanah pembatas pagar SMP Negeri 3 Yogyakarta, yang berlokasi di Jalan Pajeksan, Malioboro, longsor. Hal ini disebabkan adanya penggalian tanah sebagai awal pelaksanaan pembangunan hotel yang berada tepat di samping sekolah.

Saat ini, di sekitar lokasi pagar sudah diberikan rambu peringatan "Awas Tanah Longsor" dan sejumlah pekerja dari proyek pembangunan hotel sudah melakukan perbaikan pagar dengan beton.

Mengetahui hal itu, Forum Pemantau Independen Pemerintah Kota Yogyakarta langsung melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi tersebut, Rabu (28/1/2015).

Lalu ditemui langsung oleh Kepala SMP Negeri 3 Yogyakarta Drs. Sofwan M.Hum. Dalam perbincangan, Sofwan mengatakan pihak sekolah sudah mengirimkan surat ke Wali Kota Yogyakarta mengenai kerusakan pagar pada 19 Januari.

Kemudian pada Senin (26/1/2015) sudah ada tembusan surat dari Dinas Perizinan Kota Yogyakarta agar pihak pengembang memperbaiki kerusakan yang terjadi.

"Saya cuma berharap agar kerusakan tersebut tidak membahayakan siswa yang sering berlalu lalang di lokasi tersebut," kata Sofwan kepada wartawan, di ruang kerjanya, Rabu (28/1/2015).

Sofwan mengatakan, pihak pengembang hotel tidak memberitahukan secara langsung kepada sekolah mengenai rencana awal pembangunan. Justru pihak sekolah menerima informasi tersebut dari Ketua RW di wilayah setempat. "Kami tidak pernah diberitahu kalau akan dimulai pembangunan hotel, pengelola hotel tidak kulonuwun," tandasnya.



January 29, 2015 at 09:41AM

Leave a Reply