Isu Apel Berbakteri Mematikan Asal Amerika, Ini Siasat Mudah Agar Tidak Terinfeksi

Isu Apel Berbakteri Mematikan Asal Amerika, Ini Siasat Mudah Agar Tidak Terinfeksi
Ilustrasi apel 

TRIBUNNEWS.COM - Isu apel Amerika dengan bakteri mematikan makin meresahkan. Tapi tenang, ada tips untuk berkelit dari bakteri listeria.

Ya, bakteri listeria monocytogenes dapat menyebar luas di lingkungan. Bakteri ini dapat ditemukan di tanah, pakan ternak yang dibuat dari daun-daunan hijau yang diawetkan dengan fermentasi, dan sumber-sumber alami lainnya seperti feses ternak.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan HM Subuh mengungkapkan, bakteri ini sangat kuat dan tahan terhadap panas, asam, dan garam. Bahkan masih tetap bisa hidup pada suhu 4 dejarat celcius, seperti pada makanan yang disimpan pada lemari pendingin.

Bakteri listeria juga membentuk biofilm, yakni terbentuknya lapisan lendir pada permukaan makanan. Bakteri ini bisa meninfeksi manusia melalui konsumsi makanan yang telah terkontaminasi.

Subuh mengatakan, infeksi bakteri listeria pun dapat dicegah dengan memperhatikan cara pengolahan dan penyajian makanan. Berikut yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari infeksi bakteri listeria, seperti dipaparkan Subuh dalam pernyataan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (27/1/2015).

1. Jangan lupa untuk selalu membilas bahan mentah seperti sayuran dan buah-buahan dengan air mengalir,sebelum dimakan, dipotong, atau dimasak. Bahkan jika buah-buahan sudah dikupas, tetap harus dicuci terlebih dahulu.

2. Membersihkan produk hasil pertanian, seperti melon dan timun dengan cara digosok menggunakan sikat bersih sebelum disimpan. Setelah itu, keringkan buah-buahan dengan kain bersih atau kertas.

Halaman123


January 29, 2015 at 08:40AM

Leave a Reply